.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Minggu, 13 Januari 2013

Tempat-tempat Wisata di Bengkulu

Bengkulu (Bahasa Belanda: Benkoelen atau Bengkulen, Bahasa Inggris: Bencoolen, Bahasa Malaysia: Bangkahulu) bagian barat daya pulau Sumatera adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia. Di sebelah utara berbatasan dengan Sumatera Barat, di sebelah timur dengan Jambi dan Sumatera Selatan, sedangkan di sebelah selatan dengan Lampung.

 Provinsi ini memiliki banyak sekali tempat objek wisata yang wajib di kunjungi bagi para pelancong.

Tapak Paderi


Objek Wisata Tapak Paderi Bengkulu adalah salah satu objek wisata andalan kota Bengkulu yang patut dijadikan salah satu tujuan berwisata di Kota Bengkulu. Pantai Tapak Paderi dapat ditempuh kurang lebih hanya 10 menit dari pusat Kota Bengkulu.
Pantai ini berada di antara Pantai Panjang dan Pantai Jakat Kota Bengkulu dan bisa terhubung langsung dengan kedua pantai tersebut baik melalui jalur laut, darat, dan udara.
Sejak zaman pendudukan Inggris di nusantara, di daerah sekitar Pantai Tapak Paderi dijadikan daerah pusat kota di Bengkulu pada saat itu.

Pantai Jakat
Objek Wisata Pantai Jakat Merupakan pantai dengan kelandaian 0 – 1,5 meter saat pasang surut dan naik yang terletak 1 km dari pusat kota Bengkulu. Di pantai ini terdapat aktivitas nelayan tradisional yang berdomisili di sekitar kawasan pantai.
Atraksi wisata yang tersedia berupa kegiatan penangkapan ikan di laut, dan telah banyak fasilitas permainan seperti banana boat, jet ski dan yang lengkap dengan penjaga pantainya.
Pantai ini biasanya selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap minggu sore dan hari-hari biasanya. berbagai fasilitas disediakan di kawasan ini, mulai dari penyewaan pelampung renang, banana boat bahkan jet ski.
Pulau Tikus
Objek Wisata Pulau tikus adalah pulau karang kecil yang terletak di sebelah barat kota Bengkulu. Pada masa dahulu pulau ini merupakan tempat kapal-kapal berlabuh untuk berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia. Ukuran pulau ini sekitar 60 x 100 meter dan di sini juga terdapat menara mercusuar.
Di sekitar pulau ini terdapat batu-batu karang  yang dihuni oleh berbagai jenis ikan dan sangat potensial sebagai wisata laut dengan aktivitas memancing, menyelam, dan snorking. Untuk mencapai pulau ini dapat ditempuh menggunakan kapal nelayan sekitar 30 menit dari pelabuhan lama Bengkulu ( pantai tapak paderi )
Potensi fauna di kawasan ini terdapat ekosistem karang dan biota laut, jenis karang yang ada di kawasan tersebut yaitu acroporase, poriter, fungia, pociIIopora, montipora, sarcophiton.
Untuk jenis satwa dan biota laut, di antaranya ikan-ikan, karang, kepiting dan udang, di sepanjang pantai Pulau Tikus terdapat pantai pasir putih yang pada malam hari menjadi lokasi penyu sisik (eretmocheIys imbricata) dan penyu hijau (cheloma mydas) naik ke darat untuk bertelur.

Ada beberapa jenis burung yang dapat dilihat di kawasan tersebut yaitu burung bangau hitam (egresa sacra), burung dara laut (duluca bicolor), burung kwak maling (nytcicuray sp) dan burung pecuk padi (polocrocoray sulsinostris). Sedangkan flora yang dominan tumbuh yaitu nyampiung (caiophylum inophylum), waru, ketapang (terminalia cetapa), kelapa (cocos nucifera Sp) dan lain-lain.

Pantai Panjang
Objek wisata pantai panjang Merupakan pantai yang membentang sepanjang 7 km dengan potensi pasir putih dan di sepanjang pantai ditumbuhi oleh pohon cemara laut. Pantai yang juga dikenal dengan nama pantai gading cempaka ini terletak kurang lebih 4 km dari pusat kota.
Berbagai aktivitas wisata atau rekreasi pantai yang dapat dilakukan antara lain seperti olah raga air dan pantai, panorama laut, sunset view, rekreasi keluarga dan out bound.

Fasilitas umum antara lain : jogging track, hotel, restaurant, cafe, kios cinderamata, pub dan diskotik.

Pantai Linau
Objek wisata pantai Linau terletak di sisi jalan lintas Kaur menuju Lampung yang berjarak sekitar 20 Km dari pusat kota Bintuhan. Daya tarik wisata berupa teluk dengan pantai berpasir putih dan pemandangan bawah laut.

Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat juga situs benteng peninggalan Inggris yang dikenal dengan benteng Linau. Fasilitas yang tersedia berupa shelter, warung-warung makan dan jalan aspal ke lokasi pantai.


Air Terjun Kepala Curup
Objek Wisata Air Terjun Kepala Curup, Daya tarik yang dimiliki objek wisata ini berupa air terjun dengan ketinggian 100 meter serta memiliki keindahan pemandangan alam dan udara sejuk dan asri. Selain menikmati keindahan alam, kita juga dapat melihat jenis flora dan fauna seperti berbagai jenis burung, monyet dan habitat bunga Rafflesia.
Lokasi obyek wisata terletak 29 km dari kota Curup Atau sekitar 80 km dari Ibu kota Bengkulu.


Air Terjun Sembilan Tingkat
Air Terjun Sembilan Tingkat atau yang juga sering disebut sebagai Curug Sembilan. Air terjun ini dinamakan Air Terjun Sembilan Tingkat karena aliran airnya bertingkat-tingkat (cascade). Keunikan ini menjadikan Air terjun Sembilan Tingkat sebagai salah satu andalan sektor pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara.

Objek wisata ini terletak di desa Padang Jaya, Kecamatan Padang Jaya Korotidur yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini disarankan untuk mempersiapkan kondisi fisik dengan baik. Hal ini dikarenakan medan yang akan dilalui lumayan berat. Oleh karena itu, obyek wisata ini sangat cocok bagi Anda penikmat petualangan ataupun pecinta kegiatan di alam bebas.

Air Terjun Sembilan Tingkat terletak di kawasan hutan lindung yang alami. Sehingga, di kawasan ini masih ditemukan berbagai flora dan fauna yang khas. Pohon-pohon dan semak belukar akan menjadi karib yang menemani perjalanan Anda. Areal perbukitan dan hutan lindung dengan tumbuhan yang lebat adalah jalur utama yang harus Anda lalui untuk sampai air terjun. Hal ini menyebabkan trek atau lintasan menuju obyek wisata ini dapat dikategorikan berat atau ekstrim, khususnya bagi Anda yang tidak pernah menjelajah hutan belantara.

0 komentar: