.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Selasa, 05 Februari 2013

PEMANFAATAN ICT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI







Pada zaman sekarang ini Information Communication and Technologi (ICT) telah masuk dalam setiap bidang kehidupan manusia, salah satunya adalah dunia pendidikan. Peranan ICT dalam dunia pendidikan sangatlah besar, mulai dari pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi. Pembelajaran mate-matika pada anak usia dini yang memanfaatkan Information Communication and Technologi (ICT) hendaknya kita sebagai guru dan orang tua memperhatikan prinsip pembelajarannya, materi apa yang akan diberikan kepada anak harus beragam dan sesuai denagn perkembangan anak. Pembelajaran mate-matika pada anak usia dini kita bisa memperkenalkan anak pada kegiatan pengenalan bermacam-macam warna, bentuk, ukuran, pola, berhitung serta kegiatan pemecahan masalah (bermain puzzle).
Pada saat sekarang ini banyak  Berbagai media dapat digunakan dari media yang sangat sederhana hingga multi media canggih seperti pemanfaatan ICT dengan beragam program yang dirancang sesuai usia dan kebutuhan anak usia dini.   Seperti yang kita ketahui sekarang ini Sekarang banyak  multimedia interaktif (CD/VCD) bahkan program-program pada internet yang memberikan pembelajaran matematika dasar yang dikemas menarik dan dijual bebas di pasaran. Sekarang ini kita kembalikan lagi pada guru dan orang tua untuk memilih pembelajaran yang sesuai kebutuhan anak dan disesuaikan dengan uisa anak
Kita sudah sering mendengar definis dari ICT, seperti yang kita ketahui ICT (Information Communication and Technology) adalah sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan data menjadi sebuah informasi. Pemahaman yang lebih umum istilah tersebut mengarah pada perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi/multimedia (dalam berbagai bentuknya), yang telah memiliki berbagai kemampuan sebagai pengolah data/informasi, alat kontrol, alat komunikasi, media pendidikan, hiburan dan lainya. Dari definisi ICT dan teknologi kunci dalam Domain TI jelas sekali bahwa teknologi informasi tidak bisa dilepaskan dengan teknologi komputer dan telekomunikasi.
Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran anak usia dini hendaknya guru dan orang tua dapat memanfaatkan sumber belajar untuk mengakses pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkannya. Satu hal lagi bahwa teknologi dalam pendidikan adalah satu bidang yang menekankan pada aspek belajar siswa. Keberhasilan pembelajaran yang dilakukan dalam satu kegiatan pendidikan adalah bagaimana siswa dapat belajar, dengan cara mengidentifikasi, mengembangkan, mengorganisasi, serta menggunakan segala macam sumber belajar. Dengan demikian upaya pemecahan masalah dalam pendekatan ICT adalah dengan mendayagunakan sumber belajar.
Pembelajaran menggunakan ICT dapat membantu siswa untuk dapat mengakses, memilih dan menginterpretasikan informasi; mengenali pola, hubungan dan perilaku; evaluasi secara cepat dan akurat sehingga anak bisa langsung memperbaikinya; meningkatkan efisiensi; menjadi kreatif dan mengambil risiko; memperoleh kepercayaan diri dan kemandirian tetapi dalam melakukan hal itu anak usia dini masih perlu bimbingan serta pengawasan orang tua yang ketat.
Disamping itu Guru dan orang tua  harus memilih atau membuat tugas-tugas dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan tampilan gambar yang menarik, bervariasi, merangsang rasa ingin tahu. Guru juga dapat menggunakan media lainnya seperti kalkulator, papan tulis interaktif dan alat bantu audiovisual lainnya, bersama-sama dengan berbagai paket perangkat lunak. Internet juga dapat digunakan untuk merancang tugas-tugas belajar yang efektif, seperti simulasi problem-solving. Dengan menggunakan ICT juga dapat merangsang seluruh kegiatan kelas dan dapat mempengaruhi cara guru dalam mengajarkan topic tertentu, seperti dalam mengenalkan konsep matematika..Meskipun menggunakan ICT tetapi peralatan tulis menulis tetap digunakan.


Dampak penggunaan ICT dalam pembelajaran matematika anak usia dini, sebagai berikut:
1) Konsentrasi.
     Hal ini dicirikan oleh perhatian yang mengarahkan anak untuk suatu aktivitas.
2) Energi.
Seorang anak akan menginvestasikan banyak energi dan aktivitas, mereka bersemangat dan terangsang.
 3) Kompleksitas dan Kreativitas.
Anak akan berusaha paling keras mereka untuk memecahkan masalah. Mereka menjadi yang paling kreatif.
4) Ekspresi wajah dan Posture
Hal ini merupakan tanda nonverbal sangat penting dalam menilai bagaimana melibatkan anak.
5) Kegigihan.
Durasi ini adalah bahwa seorang anak akan bertahan pada suatu aktivitas. Hal ini sangat penting sebagai anak-anak dalam penelitian ini bertahan dan kurang mudah dialihkan dari suatu aktivitas.
6) Precision .
Terlibat anak-anak menunjukkan perawatan khusus untuk pekerjaan mereka dan perhatian terhadap detail.
7) Waktu reaksi.
anak-anak siaga dan siap untuk bereaksi cepat terhadap rangsangan.



8) Bahasa.
Hal ini ditandai oleh komentar-komentar anak-anak mengatakan selama atau setelah kegiatan misalnya mereka mengatakan mereka menikmatinya.
9) Kepuasan .
Anak-anak akan menampilkan perasaan puas dengan prestasi mereka.

0 komentar: