.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Senin, 14 Januari 2013

Pendidikan Anak Usia Dini



Pendidikan Anak Usia Dini atau disebut PAUD adalah sebuah lembaga yang didirikan untuk mengembangkan pendidikan pertama masa usia anak masih dini. PAUD dirasa perlu ketika anak membutuhkan apa yang ia butuhkan. Pengembangan sejak dini perlu ditanamkan dan diolah sedemikian rupa supaya potensi yang akan berkembang nanti menjadi potensi positif bagi perkembangan si anak. Paling awal  dalam pengajaran PAUD adalah mengajak anak memahami suatu hal yang sederhana dahulu. Itu digali dari rasa keinginan anak terhadap sesuatu dengan cara bahasa yang dipahami anak dan lebih banyak menggunakan bahasa isarat. Karena si anak belum bisa berkomunikasi secara lisan dengan lancar.
Ketika terjadi proses belajar mengajar yang harus jadi tantangan dan kepandaian si guru adalah mencari perhatian si anak. Karena ini yang menjadi tantangan bagi si pendidik untuk pandai dan sabar dalam mengajarkan sesuatu pemahaman terhadap anak. Media permainan menjadi media paling jitu untuk menghantarkan pemahaman kepada si anak. Karena melalui media ini anak menyukainya dan pemahaman yang ditranferkan ke anak bisa sampai.
Pendidikan PAUD dapat memotivasi anak untuk belajar kejenjang pendidikan selanjutnya. Salah satunya adalah adanya kesukaan anak bermain dan meningkatkan interaksi sosial dengan teman atau siswa yang lain. Belajar tidak semata-mata apa yang diajarkan si guru terhadap si murit. Dari Proses PAUD ini anak mendapatkan pelajaran beberapa hal sebagai dasar-dasar belajar. Adanya keteladanan dari si guru, ada minat untuk terus sekolah, ada rasa percaya diri yang tumbuh pada si anak dan lain-lain.
Dibutuhkan penyelarasan pendidikan PAUD sejara profesional dari setiap pendidikan PAUD yang ada, sehingga terjadi kesetaraan hak anak untuk memperoleh pendidikan yang layak dan bermutu.

0 komentar: